Tanda-tanda Anak Terlambat Bicara







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sekitar 1 dari 4 anak mengalami keterlambatan berbicara dan membutuhkan bantuan terapi agar bisa membantunya berbicara. Apa saja tanda-tanda anak yang terlambat bicara?

Dr Aditya Suryansyah SpA dalam konsultasi kesehatan detikHealth mengatakan, pada usia 2 tahun sebagian anak sudah dapat bicara dengan kalimat sederhana, sebagian lagi baru dapat merangkai kata yang sederhana namun sudah mengerti berkomunikasi.

Ada beberapa tahapan yang bisa dijadikan petunjuk dalam mengetahui kemampuan berbicara bayi.

1. Bayi usia 3 bulan
Saat usia ini bayi mendengarkan kata-kata yang ucapkan orang lain dan memperhatikan mimik wajahnya. Terkadang bayi lebih banyak menyukai suara perempuan dibandingkan laki-laki. Tidak ada salahnya untuk merangsang vokalisasi bayi dengan lebih sering mendengarkan suara musik.

2. Bayi usia 6 bulan
Pada usia ini bayi mulai mengoceh dengan suara yang berbeda, seperti berkata ‘ba-ba’ atau ‘da-da’. Saat usia 6 bulan akhir, bayi bisa menanggapi namanya sendiri, mengenali bahasa ibunya dan menggunakan nada suara untuk memberitahu jika bayi sedang bahagia atau sedih. Ocehan yang terjadi saat usia ini masih terdiri dari suku kata yang acak tanpa ada makna.

3. Bayi usia 9 bulan
Setelah berusia 9 bulan, bayi mulai dapat memahami beberapa kata dasar seperti ‘tidak’, ‘iya’ atau ‘bye-bye’. Selain itu, bayi juga mulai menggunakan huruf konsonan lebih banyak.

4. Bayi usia 12 bulan
Rata-rata bayi bisa mengucapkan beberapa kata sederhana seperti ‘mama’ atau ‘dada’ pada akhir usia 12 bulan serta mengerti apa yang dikatakannya. Pada usia ini bayi mulai bisa menanggapi atau paling tidak mengerti apa yang dibicarakan orang lain.

5. Bayi usia 18 bulan
Bayi pada usia ini mulai bisa mengatakan minimal 10 kata-kata sederhana, menunjuk ke orang atau benda serta mulai mengenali nama dari bagian tubuhnya. Saat usia ini bayi sering mengulangi kata dengan hanya mengucapkan suku kata terakhir.

6. Bayi usia 2 tahun
Pada usia ini bayi mulai bisa mengucapkan dua sampai empat kata dalam pengucapannya serta sudah lebih jelas maksud dari ucapannya.

7. Bayi usia 3 tahun. Bayi yang berusia 3 tahun kosa katanya semakin berkembang dengan cepat dan bisa mengucapkan beberapa kata, meskipun struktur kalimatnya belum terlalu benar.

Menurut dr Aditya bila anak belum dapat bicara bisa bermacam-macam penyebabnya:
Pertama, dan yang tersering adalah kurangnya komunikasi kepada anak. Anak jarang diajak bicara atau mengajarkan lebih dari satu bahasa sehari-hari yang membuat anak menjadi bingung.

Kedua, adalah keterlambatan bicara karena kelemahan saraf motorik bicara. Biasanya hal ini perlu pelatihan khusus dan diharapkan anak akan dapat bicara setelah dilakukan pelatihan khusus.

Ketiga, adalah anak terlambat bicara karena terdapat penyakit yang lain seperti retardasi mental atau autisme, pada kasus ini anak tidak hanya keterlambatan berbicara, tetapi juga terlambat dalam personal sosialnya dan anak tidak dapat berkomunikasi dengan lingkungannya.

Leslie Rescorla, PhD direktur dari Child Study Institute di Bryn Mawr College dilansir dari Parenting, Sabtu (7/8/2010), waktu yang tepat bagi anak untuk mendapatkan pertolongan profesional adalah saat usianya 2,5 tahun. Karena jika di usia tersebut anak sudah mendapatkan bantuan, maka anak masih bisa mengejar ketinggalan.

Tanda-tanda anak mengalami keterlambatan berbicara adalah:

1. Anak masih berbicara dalam satu suku kata atau konsonan akhirnya saja.
2. Anak tidak menggunakan dua kata dalam satu kalimat yang diucapkannya.
3. Anak jarang mengucapkan kata atau frekuensi berbicaranya sedikit.

sumber : detikHealth

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter