Teknik Menghadapi Lubang di Jalan







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Di musim hujan seperti ini, ditambah lagi dengan beberapa daerah yang menjadi langganan banjir, tentunya bukan hal yang sulit untuk menemukan jalan rusak atau yang berlubang. Apalagi seperti kita tahu, sebagian besar jalan masih dilapis aspal dan musuh terberat aspal adalah air, khususnya air tergenang.

Hal ini dapat kita lihat ketika kita melintas dijalan yang tergenang air dan pada bagian bawah kendaraan kita terlihat titik hitam yang melekat erat. Titik hitam tersebut setelah diperiksa, tak lain dan tak bukan adalah aspal jalan.

Titik permasalahannya adalah lubang-lubang tersebut akan siap “menciderai”  bila kita terlena atau tidak tidak tahu bagaimana menghadapinya.

Dari berbagai kasus yang saya lihat, mungkin kita semua juga tahu, kebanyakan orang cenderung untuk menghindari lubang tersebut daripada melewatinya. Dengan alasan tidak nyaman saat melewati lubang atau takut terjatuh karena melindas lubang tersebut.

Pada dasarnya pilihan tersebut benar, tetapi ada satu hal yang biasanya terlewat yaitu melihat situasi terlebih dahulu. Ketika dalam kondisi panik, daripada mengerem terlalu dalam, lebih baik langsung menghindar. Padahal ada kendaraan lain yang melintas dari arah belakang atau berlawanan dan akhirnya tabrakan tidak dapat dihindarkan.Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

Teknik menghadapi lubang yang benar adalah :

  1. Kalau anda sudah hapal jalannya, ini yang paling baik, tentu saja dari kejauhan anda sudah mulai persiapan untuk berpindah lajur.
  2. Beri jarak pandang yang cukup bagi anda dengan kendaraan di depan, sehingga kondisi jalan di depan lebih terlihat.
  3. Ketika melihat lubang segera perlambat kendaraan dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Kemudian, bila memungkinkan tengok kaca spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan melintas diarea yang akan anda gunakan untuk menghindar. Bila tidak memungkinkan, perlambat kendaraan sampai berhenti kemudian anda melihat kaca spion dan tunggu sampai situasi aman kemudian menghindari lubang tersebut. Jangan berspekulasi. Berbahaya!
  4. Bila jarak pengereman terlalu pendek dan anda harus melewati lubang tersebut, tetap memperlambat kendaraan dan angkat pinggul anda, sedikit tekuk lutut dan siku tangan, dan genggam lebih kuat setang kemudi anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlempar dari kendaraan. Kemudian berjalan lagi dengan tenang dan lebih waspada.

Hal ini berlaku juga bila sekiranya anda mengetahui pengendara di depan anda akan menghadapi lubang, cobalah untuk mengurangi kecepatan dan memberinya kesempatan untuk menghindar daripada pengendara tersebut menghindar pada saat kita sedang melintas di sebelahnya. Terlepas siapa yang benar dan yang salah, kita tetap saja terlibat dalam kecelakaan.

Demikian teknik menghadapi lubang di jalan, tetap waspada dan bertindak aman untuk hidup yang lebih baik.

http://www.hidupaman.com/index.php/teknik-menghadapi-lubang-di-jalan.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter