Tetap Prima Bekerja Saat Hamil







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Apa yang harus diperhatikan agar tetap menampilkan performa kerja yang baik selama mengandung? Intip kiat berikut, yuk!

Di saat hamil, tubuh wanita akan dipenuhi aneka gejala yang dirasa kurang menyenangkan. Seperti “morning sickness”, ingin tidur terus, malas beraktivitas, malas makan, mual dan muntah, dan lainnya.

Terutama di trimester I, Anda biasanya menghadapi ‘morning sick’. Memang, tak semua wanita mengalami hal yang dirasa kurang bersahabat tadi.

Namun, kebanyakan wanita mengalaminya dan hal ini tentu akan mempengaruhi pikiran, psikologis, termasuk kinerja Anda sebagai wanita aktif. Nah, agar Anda yang sedang hamil tetap bisa bekerja secara aktif selama masa kehamilan, ikuti kiat berikut!

Kenali Kondisi Kehamilan
Setelah mengetahui Anda hamil, segera kunjungi dokter kandungan untuk memastikannya secara akurat. Jangan lupa, konsultasikan kehamilan dan katakan kegiatan apa saja yang biasa dilakukan sehari-hari.
Apalagi bila ini kehamilan pertama. Sebab, tubuh maupun kondisi psikologis Anda belum pernah merasakan perubahan drastis yang disebabkan hormon dan kehidupan baru yang akan berlangsung dalam rahim.
Setiap kehamilan punya keunikannya tersendiri, bahkan bagi Anda yang telah punya anak sebelumnya, tak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, karena bisa saja yang dialami akan berbeda.
Jadi, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan janin. Mintalah aneka vitamin yang bisa menunjang kehamilan secara baik, atau penguat kandungan. Rajin-rajinlah kontrol ke dokter kandungan selama masa kehamilan.

Hadapi Morning Sickness
Kebanyakan wanita hamil pasti mengalami ‘morning sick’ di awal kehamilannya. Gejalanya biasanya merasa mual, nafsu makan hilang, hingga muntah-muntah berat di pagi hari.
Kenali, saat kapan saja Anda mengalami gejala ini dan catatlah waktunya, agar mudah diantispasi. Misalnya, mempersiapkan kantung plastik saat di perjalanan menuju kantor, atau membawa minyak kayu putih.
Dan ingat, jangan pernah mengikuti nafsu makan yang hilang! Tetaplah makan meski sedikit. Bayi dalam kandungan Anda membutuhkan asupan makanan. Jadi, bawalah selalu bekal makanan dari rumah, agar terjaga kebersihannya.

Bicarakan Dengan Atasan
Bicarakan kehamilan Anda dengan atasan secara terbuka. Ceritakan dengan santai tipe kehamilan Anda, apakah mengalami masa awal kehamilan yang berat atau sebaliknya.
Beri atasan pengertian, bila ada ‘morning sick’ atau hal lain yang mengganggu aktivitas di pagi hari, yang menyebabkan Anda terlambat ke kantor. Mintalah saran dan solusi dari atasan, bila posisi Anda di kantor lumayan penting.
Jangan lupa, diskusikan apakah perlu menunjuk rekan kerja yang bisa mewakili Anda di kantor, yang tentunya bisa membantu pekerjaan Anda terselesaikan sesuai tenggat waktu.
Jangan sampai Anda terlalu lelah di kantor. Meski termasuk tipe wanita yang kuat dan penuh vitalitas, Anda tetap harus memikirkan janin dalam kandungan, yang juga bisa merasakan kelelahan dan belum tentu kuat menghadapi aktivitas bertumpuk yang biasa Anda kerjakan seperti sebelum mengandung.

Hindari Stres!
Menjalani rutinitas setiap hari di kantor tentu akan membuat penat, bahkan stres berat. Nah, di masa kehamilan ini, sebaiknya hindari stres, yang akan berdampak tak baik bagi janin.
Mulailah sempatkan diri berolah raga, mengontrol pikiran, dan jangan terlalu terbawa emosi. Relaks saja, meski menemui kendala pada pekerjaan.
Hadapi semua masalah dengan kepala dingin. Bila perlu, ambil waktu sejenak untuk memejamkan mata, menarik napas, dan membuangnya perlahan hingga hitungan 5-10 kali, lalu tersenyumlah.
Anda pun bisa mengikuti kelas yoga atau berlatih meditasi untuk membuang pikiran negatif yang bisa menyebabkan stres, dan mengolahnya menjadi pikiran positif. Perasaan Anda pasti akan lebih santai, bahagia, dan bersemangat.

Jangan Terlalu Percaya Mitos
Banyak wanita hamil percaya mitos. Misalnya, bila merasa malas melakukan banyak hal, malas ke kantor, atau bahkan ingin tidur terus, ini semua disebabkan keinginan sang janin.
Padahal, semua perasaan tadi datang dari sugesti Anda sendiri, akibat hadirnya janin. Jika demikian, tentu segala aktivitas Anda akan sangat terganggu. Pekerjaan terbengkalai dan mempengaruhi kinerja.
Lawanlah perasaan tadi! Yang utama, banyaklah berdoa dan disertai komitmen. Berdoalah setiap kali merasakan hal negatif. Lalu, berkomitmenlah kepada diri sendiri, Anda mampu melawan kemalasan dan tetap semangat beraktivitas.
Ajaklah janin Anda berkomunikasi setiap kali akan berangkat kerja, dan mintalah ia mendukung Anda.

Jaga Kebersihan Di Kantor
Jika biasanya Anda cuek dan kurang peduli soal kebersihan, ini saatnya untuk berubah. Rapikan meja kantor agar bisa memunculkan aura positif dan semangat yang akan membantu Anda merasa nyaman saat bekerja.
Taruh bantal empuk yang bisa menyokong posisi duduk, agar bagian punggung terasa nyaman. Bawalah selalu tisu dan air mineral bersih setiap akan ke toilet, untuk menghindari terkena virus-virus jahat. Ingat, toilet adalah sumber penyakit, jadi hindari sikap cuek dan mulailah menjaga kebersihan!
Nah, selamat menjalani masa-masa indah di awal kehamilan. Dan jangan lupa, tetaplah semangat selama berada di kantor!

Afra Mayriani

http://aframayriani.wordpress.com/2009/10/30/tetap-prima-bekerja-saat-hamil/#more-155

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter