Tips Kurangi Mual Saat Hamil







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Bagi para wanita yang tengah mengandung, keluhan akan mual atau muntah kerap menjadi kesehariannya. Tidak jarang hal tersebut mengganggu keseharian sang ibu, beberapa diantaranya mengakibatkan ibu yang tengah hamil tersebut menjadi malas makan.

Keluhan mual dan muntah ini umumnya terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan, terutama bagi ibu yang baru menjadi calon ibu atau pada kehamilan pertama. ”Merasa mual atau muntah-muntah saat hamil itu normal, justru bagus karena merupakan indikasi bahwa pertumbuhan janin bagus,” jelas Prof. Dr. Agus Abadi, SpOG (K) saat mengisi salah satu seminar kesehatan ibu hamil dan janin di Surabaya.

Ia menjelaskan bahwa semual apa pun yang ibu hamil rasakan, jangan sampai mengurangi nafsu makan, apalagi ketika nafsu makan yang kurang itu mengurangi berat badan sang ibu. Karena ibu hamil dituntut untuk menaikkan berat badannya rata-rata 11 kg saat kehamilan.

”Ada 1001 keluhan saat kehamilan, tapi bukan berarti harus diatasi 1001 macam obat,” jelas profesor yang masih aktif mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini. Ia menganjurkan bagi ibu-ibu hamil yang merasakan mual untuk mengkonsumsi jahe. Terdapat dua cara konsumsi jahe, yakni dapat dengan cara mengkonsumsi jahe yang telah diekstrak dalam sebuah kapsul dan dapat ditemui di apotik, atau dapat juga dengan meracik jahe sendiri di rumah. ”Ya kalau mau berhemat, boleh sediakan wedang jahe untuk ibu hamil,” lanjutnya.

Namun ada juga beberapa kasus ibu hamil yang merasakan mual, tetapi nafsu makannya tetap besar sehingga tidak bermasalah kepada kehamilannya, hal itu diistilahkan oleh beberapa orang Jawa dengan Ngebo.

Salah seorang peserta yang mengikuti seminar yang diisi oleh Prof. Agus, Dinar Ayu (26) mengaku mengalami Ngebo. ”Seperti yang dijelaskan Prof Agus, ya saya sih walaupun mual juga makannya tetep aja banyak,” jelas ibu yang tengah hamil 6 bulan untuk pertama kalinya ini sambil tertawa.

Mual dan muntah memang sangat mengganggu, namun akan menjadi masalah apabila hal tersebut menimbulkan pengurangan berat badan dari ibu yang tengah mengandung janin. Asupan nutrisi dan gizi yang tepat harus juga diperhitungkan demi pertumbuhan janin yang sehat dan terhindar dari kecacatan.(Fie)Reporter: Dian Sofianty P

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter