Tips Memakai Yahoo! Messenger via SMS Ponsel







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sudah punya akun YM (Yahoo! Messenger) di komputer, dong? Nah, bagaimana jika kita ingin selalu chatting dengan teman, padahal kita tidak sedang di depan komputer? Bisa? Tentu. Syaratnya mudah saja. Anda cuma perlu ponsel. Tidak penting apakah ponsel itu keluaran jadul. Tidak perlu yang pakai sistem operasi Symbian atau berfitur Java kok.

Cara pakainya sendiri persis seperti kita pakai SMS alias pesan singkat. Basisnya memang SMS. Jadi nantinya di layar komputer teman Anda akan muncul status “I’m on SMS” (kalau Anda sedang online).

Cuma yang perlu diingat, setiap kali Anda mengirimi/membalas chatting teman Anda di ponsel, Anda akan dikenakan biaya SMS oleh operator yang Anda pakai. Karena basisnya SMS, maksimal teks yang bisa Anda ketikkan adalah 160 karakter per SMS.

Saat ini, operator yang mendukung YM di Tanah Air ada empat, yakni Indosat, XL, Telkomsel, dan 3. Kecuali untuk 3, biaya ber-YM di ponsel ini per SMS-nya Rp 500. Kalau operator Anda adalah 3, Anda dikenakan tarif Rp 10.000 per bulan unlimited.

Satu hal yang penting diingat adalah kode operator yang Anda pakai. Jika pakai Indosat, kode operatornya adalah 946. Untuk XL, kodenya 9246, sedangkan untuk Telkomsel 4246, dan untuk Three (3) kodenya 92466.

Caranya
Bagaimana mengaktifkan YM di ponsel? Mudah sekali. Bisa dilakukan via komputer atau ponsel. Kita lihat yang via ponsel saja ya. Ini cara yang paling mudah, hanya bermodalkan SMS.

1. Pertama-tama, kirim dulu SMS ke operator Anda (lihat daftar operator) untuk mengaktifkan fitur YM. Ketikkan ”in <ID Yahoo!> <kata sandi>”. Bila ID Yahoo! Anda adalah kampung1 dan kata sandi Anda adalah cantik, ketikkan: in kampung1 cantik. Berikan spasi di antara in, ID Yahoo! Anda, dan kata sandi. Dalam hitungan detik, Anda akan menerima balasan SMS berisi ucapan selamat datang di Yahoo SMS Messenger dari operator Anda (kami menggunakan Indosat, dengan ponsel Motorola E398). Jika sebelumnya YM Anda di komputer aktif, YM akan otomatis ditutup dan Anda dialihkan ke YM SMS.

2. Berikutnya, Anda akan menerima SMS tentang jumlah dan ID Yahoo! teman yang sedang online.

3. Nah, kini Anda sudah bisa mulai chatting dari ponsel. Ingat, semuanya didasarkan pada SMS. Jadi setiap kali kirim/balas SMS, ada ongkosnya, loh. Untuk mengirim pesan ke teman YM yang sedang online, ketik: to <ID Yahoo! Teman Anda> <pesan (maksimal 160 karakter)>. Kirim ke kode operator Anda, dan klik <Kirim/OK>.

4. Jika Anda mendapat pesan dari teman YM Anda di ponsel dan ingin membalasnya, pilih <Balas> dan ketik pesan Anda, lalu klik <Kirim/OK>.

5. Ingin tahu siapa saja teman Anda yang sedang online (ditandai dengan *)? Kirimlah SMS ke Kode Operator dan ketik: get all.

6. Anda sudah puas ber-YM di ponsel dan ingin keluar (sign out)? Kirimlah SMS ke kode operator dan ketik: out. Maka operator akan mengirimi SMS bahwa Anda telah sign out dari Yahoo! Messenger.

“I am on SMS”
Pernah melihat status teman Anda yang berbunyi “I am on SMS” di layar YM Anda di komputer? Ini artinya dia sedang ber-YM secara mobile alias tidak dari komputer. Anda tetap bisa ngobrol dengannya dengan mengiriminya pesan (SMS) dari YM di komputer Anda.

Caranya mudah kok.

1. Dari menu <Actions (Tindakan)>, pilih <Send an SMS Message (Kirim Pesan SMS)>.

2. Pilih kontak yang akan Anda kirimi SMS dari daftar yang ada. Atau masukkan nomor ponsel teman Anda (diawali dengan kode negara—untuk Indonesia: 62).

3. Ketik pesan Anda di kotak yang tersedia, dan klik Send. Nah, teman Anda akan menerima SMS ini di ponselnya. Satu hal yang perlu diingat, karena mungkin ada tagihan biaya Rp 500 per SMS, jangan habiskan pulsa Anda dengan bolak-balik mengirim SMS yang sangat pendek. (PC Plus)

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter