Tips Memilih Tayangan Yang Bermutu







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Tidak bisa dipungkiri televisi saat ini bagian hidup sehari-hari anak. Bahkan ada orangtua yang bahkan sampai menjadikan televisi sebagai baby sitter anak. Tentu, hal tersebut akan membahayakan untuk anak. Menurut Vera Itabiliana, sang psikolog anak, terlalu banyak menonton televisi bisa mempengaruhi daya konsentrasi anak. Menonton televisi lebih dari empat jam sehari juga cenderung membuat anak mengalami obesitas. Dan gara-gara televisi pun, anak juga bisa menjadi konsumtif.

Masalah biasanya terjadi saat sang buah hati ingin menonton TV. Ada banyak sekali tayangan atau program di TV yang sebenarnya tidak sesuai bagi mereka.

Tentu saja, sebagai orang tua, kita tidak bisa berdiam diri saja menghadapi masalah ini. Sayangnya, banyak orang tua yang cuek-cuek saja.

Mereka asik menonton berita atau film-film di TV padahal di sampingnya ada anak-anak mereka. Mereka tidak menyadari bahwa hal ini akan mempengaruhi perkembangan mereka.

Ambil contoh bagaimana banyaknya tayangan yang mengandung kekerasan dan kevulgaran yang ada di film-film yang ditayangkan di TV.

Efeknya tidak akan terlalu lama sampai anda menyadarinya.

Mungkin anda masih ingat bagaimana ada beberapa anak yang cidera bahkan meninggal karena mereka asyik bermain gulat dengan kawan-kawannya.

Setelah ditelusuri, anak-anak tersebut terpengaruh tayangan gulat Smack Down. Hal yang sangat disayangkan bukan?

Kita tidak bisa hanya mengandalkan komisi penyiaran untuk melakukan penyensoran terhadap tayangan-tayangan yang ada di TV.

Hal ini sangat kompleks untuk dihadapi satu pihak saja. Akan lebih baik jika orang tua turun tangan langsung karena kitalah yang berhubungan dengan si anak tanpa ada pembatas.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan tayangan yang sesuai dengan si anak? Anak-anak adalah fase di mana mereka ingin banyak tahu dan mereka masih suka bermain. Maka, tayangan yang sesuai adalah tayangan semacam film kartun dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak terlalu susah untuk menyortir apakah sebuah tayangan itu sesuai untuk si anak atau tidak. Perhatikan saja simbol yang biasanya ada di pojok layar. Jika simbol menunjukkan “SU”, maka tayangan tersebut sesuai untuk Semua Umur.

Lalu, apa saja yang bisa dilkakukan orang tua untuk memastikan agar tayangan yang ditonton anak dari TV sesuai dengan usianya. Mari kita tengok lebih lanjut.

1. Orang tua harus mendampingi si anak
Merupakan ide yang bagus bagi si orang tua untuk meluangkan waktu agar bisa mendampingi anak. Anda bisa melakukan kontrol langsung dan anda juga bisa semakin dekat dengan anak anda.

2. Berikan waktu tertentu bagi si anak untuk menonton TV
Biasanya, waktu yang terbaik untuk si anak untuk menonton TV adalah pada hari Minggu atau pada saat liburan sekolah. TV biasanya akan menayangkan banyak acara yang sesuai untuk si anak tersebut.

3. Tonton tayangan terlebih dahulu
Hal ini berlaku jika orang tua ingin mempertontonkan VCD atau DVD bagi si anak. Akan lebih baik jika orang tua menonton VCD atau DVD tersebut terlebih dahulu untuk memastikan isinya.

Ada beberapa keping VCD yang cover depannya tampak seperti tayangan anak-anak namun isinya ternyata tidak sesuai.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter