Tips Menghindari Sepeda Motor Terbakar







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Semoga anda belum pernah mengalami yang namanya sepeda motor kesayangan terbakar. Tetapi bukan hal yang mustahil, apabila kita melakukan kesalahan dalam modifikasi sepeda motor yang akibatnya adalah terjadi kebakaran. Cerita mengenai kebakaran sepeda motor dan hasil pengamatan berikut semoga dapat menjadi tips untuk menghindari sepeda motor terbakar.

Cerita ini terjadi di kota Yogyakarta, ketika terjadi demam modifikasi penggunaan lampu LED dalam jumlah besar dan dipasang secara berlebihan. Tujuannya agar sepeda motor terlihat berbeda dibanding yang lain dan tentu saja akan menarik perhatian karena lampu LED yang menyala secara bergantian seperti lampu pohon Natal :)

Tetapi banyak yang tidak disadari oleh beberapa pecinta modifikasi, yaitu keamanan dari modifikasi tersebut karena banyak ditemui :

  1. Penggunaan kabel yang terlalu kecil. Hal ini tentu saja wajar demi keuntungan yang lebih besar bagi pedagang selain memang pengetahuan tentang kelistrikan yang kurang. Akibatnya ketika terjadi beban berlebih dalam waktu lama, kabel akan menjadi panas dan meleleh.
  2. Routing kabel yang sembarangan. Demi mengejar jumlah lampu yang banyak, semakin banyak lampu maka semakin untung, routing atau jalur kabel dibuat tanpa memperhitungkan kemungkinan terjepit, terkelupas, terkena panas mesin atau terlalu dekat dengan tangki bahan bakar.
  3. Instalasi listrik yang sembarangan. Sepanjang pengetahuan saya, semua arus listrik diambil dari battery atau aki, yang menjadi masalah adalah para pedagang enggan untuk menambahkan sekering ke dalam instalasi listrik yang di buat.

Seperti yang sudah dibayangkan potensi bahayanya, ternyata sepeda motor itu terbakar sesaat setelah melakukan pengisian bahan bakar, masih untung tidak terjadi di SPBU (udah kebakar masih untung juga :)

Percikan api akibat ada bagian kabel yang terkelupas dan tanpa pengaman sekering menyambar sisa bahan bakar yang basah di sekitar tangki maka terjadilah kebakaran.

Pengalaman tersebut semoga dapat menjadikan kita untuk terus belajar bagaimana modifikasi yang tepat, sehingga kita dapat menghindari kasus sepeda motor terbakar.

http://www.hidupaman.com/index.php/tips-menghindari-sepeda-motor-terbakar.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter