Trik Tetap Nyaman Bekerja untuk Ibu Hamil







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Gejala kehamilan memang berbeda pada masing-masing wanita. Ada yang menjalaninya tanpa banyak gejala khusus, ada juga yang didera berbagai gejala yang tidak nyaman.

Menghilangkan gejala tersebut tentu bagian dari proses metabolisme tubuh Anda. Tapi paling tidak Anda bisa membuat diri lebih nyaman atau mencegah timbulnya suatu gejala agar lebih nyaman bekerja walau sedang berbadan dua.

Mual
Mual, ingin muntah, atau bahkan sampai muntah. Gejala kehamilan yang kerap terjadi di trimester awal kehamilan atau biasa disebut morning sickness memang sulit dihindari. Umumnya akan berhenti sendiri saat memasuki kehamilan masuk trimester dua (meski ada juga yang lebih lama).

Ada beberapa cara yang bisa membuat tubuh Anda nyaman dan mengurangi kemungkinan mual lebih lama. Sediakan makanan kecil di meja Anda. Makanlah dengan frekuensi yang cukup sering namun jumlah yang sedikit. Perut yang kosong atau perut yang terlalu penuh bisa memicu timbulnya mual.

Sediakan botol air minum besar di meja untuk menjaga Anda dari kemungkinan dehidrasi. Minum sedikit demi sedikit jika memungkinkan. Minum sedikit demi sedikit, mungkin lebih nyaman untuk Anda daripada minum langsung segelas besar.

Jika pada jam makan siang ada yang membawa makanan berbau menyengat sebaiknya tinggalkan meja kerja Anda dan manfaatkan momen tersebut untuk merenggangkan badan. Apabila rasa mual sudah sangat menganggu konsultasikan dengan ahli kesehatan yang menangani kehamilan Anda.

Terakhir, selalu siapkan plastik kecil di tempat yang terjangkau jika Anda membutuhkannya untuk muntah. Apabila kamar mandi kantor terlalu jauh, plastik tersebut bisa jadi solusi yang baik untuk keadaan ini. Untuk mengatasi bau mulut yang tidak segar setelah muntah sebaiknya siapkan mouthwash atau sikat gigi di tas kerja Anda.

Ciptakan kenyamanan tubuh
Istirahat secara teratur untuk menyegarkan badan jika memungkinkan satu jam sekali. Bangun dari kursi dan berjalan sejenak agar otot Anda tidak kaku dan peredaran darah lebih lancar. Jika Anda terlalu banyak berdiri, usahakan untuk duduk sejenak untuk mengistirahatkan kaki. Bila mengantuk, tak ada salahnya memejamkan mata sebentar di tempat yang tenang selama 5-10 menit.

Mengatur posisi dan kenyamanan duduk juga sangat penting. Posisi duduk yang baik adalah duduk dengan tegak dan tidak menekan perut. Posisi duduk yang salah bisa menimbulkan gangguan nyeri di sekitar perut, punggung, pinggang, maupun leher. Jika perut Anda mulai membuncit, usahakan jaga jarak antara meja dan perut Anda. Ringankan beban punggung dengan menggunakan foot rest atau penyangga kaki di bawah kursi. Buku yang tebal bisa dijadikan alternatif. Sesuaikan posisi kerja dengan kenyamanan Anda, bagaimanapun juga hanya Anda yang tahu posisi yang paling nyaman.

Untuk menciptakan kursi yang nyaman jika memungkinkan gunakan kursi yang bisa disesuaikan tingginya sehingga kaki Anda tidak menggantung dan lutut membentuk sudut 90 derajat yang baik. Jika sandaran punggung Anda kurang nyaman, gunakan bantal atau penyangga punggung untuk membuat posisi duduk lebih nyaman dan meminimalisir risiko sakit punggung. Tambahkan bantal pada bagian bokong jika bagian dasar kursi Anda terlalu keras. Atur meja & peralatan kerja Anda sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang berisiko menciderai tubuh.

Pada usia kehamilan yang semakin membesar kaki dapat terasa sakit dan membengkak jika sering berada dalam posisi menggantung atau tegak. Cari benda-benda seperti keranjang sampah kecil, kardus atau apapun yang bisa membantu Anda meluruskan kaki sejenak di meja kerja.

Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Menggunakan cardigan tipis atau jaket/blazer ringan bisa jadi pilihan yang baik. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan kenyamanan tubuh sesuai suhu yang diinginkan. Ibu hamil seringkali mengalami fluktuasi suhu yang tidak bisa diprediksi. Dengan menggunakan layer pada pakaian kerja, Anda bisa menyesuaikan kenyamanan tubuh sesuai kondisi yang dirasakan.

Tinggalkan sementara hak tinggi Anda saat mengandung. Meningkatnya hormon progesteron bisa membuat kaki Anda mudah kaku dan keseimbangan tubuh juga sedikit terganggu. Jika harus menggunakan sepatu hak, pilih yang rendah atau hak datar yang tidak terlalu tinggi.

Memikirkan rute tercepat ke toilet merupakan hal penting bagi ibu hamil. Ibu hamil juga punya kebiasaan sering ke toilet. Tekanan uterus ke kandung kemih membuat ibu hamil cepat merasa ingin buang air kecil, terutama pada trimester awal dan akhir kehamilan. Jangan pernah menahan keinginan untuk buang air kecil. Rencanakan setidaknya satu jam sekali ke toilet untuk kenyamanan tubuh Anda saat bekerja.

Nutrisi
Hindari jajan sembarangan untuk mencegah masuknya kuman atau zat berbahaya seperti pengawet dan lainnya. Saat ini Anda makan untuk kepentingan Anda dan si bayi. Jika memungkinkan bawa makan siang Anda di rumah agar terukur kadar gizi dan kebersihannya. Siapkan cemilan sehat seperti buah, roti, atau kudapan alami yang tidak mengandung banyak MSG. Perhatikan nilai gizi dan kalori yang masuk.

Siapkan botol minum besar di meja kerja untuk menghindari diri dari dehidrasi. Minum yang cukup bisa mengurangi risiko retensi air yang bisa membuat kaki maupun bagian tubuh Anda membengkak. Minum yang cukup juga baik untuk memperlancar proses persalinan Anda. Banyak ibu hamil yang menghindari sering minum karena enggan ke kamar mandi. Padahal, proses berjalan ke kamar mandi juga baik untuk menghindari kaku pada otot.

Hindari stres
Perubahan hormon dapat membuat wanita hamil sensitif dan mudah stres — yang tidak baik bagi perkembangan bayi. Tarik napas dalam-dalam saat merasa tertekan atau ikuti kelas-kelas kehamilan untuk mempelajari teknik pernapasan yang baik untuk mengurangi stres.

Olahraga yang teratur dan relaksasi saat berlibur akhir pekan merupakan beberapa cara efektif menekan stres.

Terakhir, jangan memaksakan diri. Jika ada yang menawari bantuan, jangan gengsi. Kenali kondisi tubuh dan minta bantuan rekan kerja Anda jika akan melakukan pekerjaan yang berisiko seperti membungkuk untuk mengangkat beban berat atau naik kursi untuk mengambil sesuatu yang tinggi.

Anda tidak harus menjadi wanita super saat mengandung dan jangan sampai si bayi dikorbankan keselamatannya.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter