Waspada berat badan janin kurang







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Hai Moms…tau nggak, tenyata Kasus kelahiran bayi dengan berat badan di bawah normal banyak terjadi loh . Namun untungnya lebih dari 90 persen bayi yang lahir dengan berat badan 800 gram atau lebih bisa bertahan hidup. Nah kategori bayi yang dibilang dibawah normal itu sendiri yang berat badannya saat dilahirkan dibawah 1500 gram (1,5 kg).

Diperkirakan sekitar 1 dari 13 kelahiran bayi memiliki berat badan rendah di bawah normal. Tapi jika bayi yang lahir berat badannya rendah, biasanya sangat rentan memiliki masalah dengan kesehatannya atau memiliki kekurangan kemampuan saat dewasa nanti. karena itu para Moms yang lagi hamil perlu ekstra waspada mengamati perkembangan berat badan janin.

Seperti dikutip dari Pregnancy, Senin (23/11/2009) penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah adalah akibat konsumsi alkohol, kebanyakan menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan secara teratur, gizi buruk, stres atau ketakutan berlebihan, dan kelainan genetik. Ngga Cuma itu, Moms yang berat badannya rendah juga bisa pengaruh ke berat janin.

Nah untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan kurang sebaiknya para Moms harus mengkonsumsi makanan yg bergizi dan seimbang. Makanan yang mengandung protein adalah pilihan utama. Juga yang mengandung vitamin C dan kalsium, seperti sayuran, buah buahan, biji bijian, dan makanan kaya zat gizi dan yang berlemak tinggi .

Kalau masih kurang juga, makanlah variasi makanan di atas dengan porsi dua kali lebih banyak plus susu minimal 2x sehari. Dokter juga sering menganjurkan ngemil kue2 manis, ice cream & yoghurt untuk meningkatkan berat badan janin secara cepat. Nah menurut anjuran dokter (berdasar pengalaman pribadi), setiap Moms berat badannya harus naik minimal 2 kg per bulan.

Saran ini berguna untuk ibu hamil di usia kandungan 8 bulan ke bawah. Biasanya setelah usia kandungan 8 bulan, nafsu makan Moms meningkat drastis dan yang terjadi justru sebaliknya, yaitu peningkatan berat badan janin. Kalau sudah begini, yang disarankan dokter pasti sebaliknya, yaitu diet rendah gula dan kalori. Tapi asupan protein tetap harus tinggi hingga akhir kehamilan.

Oh ya selain hal di atas, berat badan janin yang kurang juga bisa disebabkan karena gangguan pada plasenta, salah satunya plasenta previa. Gangguan pada plasenta ini menyebabkan nutrisi yang mMms makan jadi ngga nyampe ke janinnya. Kalau sudah begini resikonya bisa prematur loh. Untuk mencegahnya Moms dianjurkan bedrest dan mengurangi aktivitas sehari- hari. Jadi buat para Moms, keep smart for your babbies. (winda)

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter