Yuk, Kikis Lemak!







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Bila selama ini anda telah menyantap makanan yang banyak mengandung lemak, ada beberapa strategi jitu meminimalkannya. dan tentu saja ini akan menyehatkan jantung dan tubuh anda.

1. Ubah kebiasaan belanja.

– Belajar membaca label gizi yang tertera dan bandingkan dengan pilihan lain. cari produk yang rendah lemak (terutama lemak jenuh), rendah kalori dan rendah garam.

– Hindari menyimpan snack tinggi lemak seperti kripik kentang, permen dan cookies. pilihlah crackers rendah lemak tanpa garam. jika ingin makan kripik kentang, pilih yang rendah lemak dan dipanggang bukan digoreng. lembih amannya, kalau ingin ngemil makanlah buah dan sayuran segar.

– Pilihlah daging yang tidak berlemak. daging sapi tanpa lemak biasanya diikuri dengan kata “lion” seperti “tenderlion”, “silion”. hindari mengkonsumsi daging yang diproses seperti sosis dan batasi membeli jeroan.

– Pilihlah ikan ketimbang daging.

– Beli susu skim yang kandungan kalsiumnya sama dengan susu fullcream.

– Bila ingin membuat salad, gunakan salad dressing yang rendah lemak atau non lemak.

– Untuk menggoreng gunakan minyak sayu r yang terbuat dari jagung, wijen, bunga matahari, zaitun, canola dan kacang kedelai. kandungan lemak jenuhnya lebih rendah dari minyak lain namun kandungan kalorinya tetap sama.

Baca label pada makanan yang dipanggang dan hindari yang mengandung susu dan kuning telur karena kandungan lemaknya sangat tinggi.

– Saat membeli margarine, baca label nutrisinya. biasanya kangdungan lemak jenuh tidak lebih dari 2 gram/sendok makan. margarine khusus diet biasanya mengandung air, jadi sebaiknya gunakan sebagai olesan roti bukan untuk memasak.

2. Modifikasi resep makanan

– Satu kuning telur mengandung 215 mg kolesterol dan putih telur tidak mengandung kolesterol. jika dalam resep misalkan membutuhkan 2 butir telur, maka gunakan 1 butir telur + 1 putih telur.

– Ganti whip cream dengan 3 putih telur yang dikocok. jangan lupa untuk selalu menggunakan susu rendah lemak untuk mengganti cream yang tertera di resep

– Coklat bisa diganti dengan coklat bubuk

– Gunakan keju tanpa lemak

3. Cara memasak

– Gunakan panci teflon dan masaklah dengan panas rendah

– Bila menumis, gunakan kaldu dan hindari menggunakan minyak sayur.

– Rebus sayuran dan telur dengan air yang sudah mendidih. hindari memasak dengan cara menggoreng. jika haru menggoreng, tunggu hingga minyak panas karena jika tidak makanan yang digoreng akan menyerap banyak minyak.

– Setelah membuat kaldu, dinginkan lalu buang lemaknya.

4. Ubah pola makan

– Kurangi asupan daging. ganti porsinya sedikit demi sedikit dengan sayuran, polong2an atau pasta.

– Jika ingin makan daging, buanglah lemaknya terlebih dahulu. sebab kandungan lemak makanak yang kaya protein seperti buncis, kacang2an dan produk susu tanpa lemak tidak sama dengan kandungan lemak pada daging.

– jangan lupa bahwa tubuh manusia tidak memiliki batasan sat menyimpan lemak. sekali tubuh anda membentuk sel2 lemak, maka tidak bisa hilang meskipun anda sudah mengikisnya sebagai energi.

* Tips tambahan

– Makan sayuran segar sebanyak mungkin

– Jika ingin makan es krim, ganti dengan frozen yogurt atau es buah

– jangan berpikir bahwa diet rendah lemak sebagai cara menurunkan berat badan . anggaplah itu sebagai gaya hidup sehat.

– Kurangi asupan gula secara bertahap. hindari cake, pie dan es krim

– Makanlah secara perlahan. kunyah makanan dengan baik. latih diri anda untuk tidak makan sampai kenyang. imbangi dengan minum air putih karena dapa tmembantu anda merasa kenyang setelah minum.

(Source: Health today, tren hidup sehat, January 2002)

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter