Berhemat Saat Belanja!







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Di tengah gejolak ekonomi yang tak menentu, tak ada salahnya untuk selalu berjaga-jaga. Salah satunya caranya dengan menerapkan pola hidup hemat. Apa saja yang bisa para ibu lakukan?

1. Buat daftar menu di muka.
Buat daftar menu makanan untuk satu minggu di muka. Dengan demikian, Anda tahu apa yang akan/harus dibeli, beli sesuai kebutuhan. Daftar menu bisa juga disesuaikan dengan barang-barang yang tengah dijual dengan harga murah. Biasanya supermarket mengeluarkan selebaran semacam itu, kan?

2. Hindari Memasak Dalam Porsi Besar.
Bila Anda membeli makanan berlebihan yang akhirnya tidak termakan dan dibuang, Anda bukannya berhemat. Sebaliknya, apa yang Anda beli terbuang sia-sia. Simpan makanan yang telah Anda pisah-pisahkan ke dalam kotak-kotak plastik di freezer. Panaskan makanan sesuai dengan jumlah orang yang akan makan.

3. Buat Daftar Belanjaan Sebelum Pergi.
Dorongan untuk berbelanja barang yang tidak diperlukan dapat merusak strategi penghematan dana Anda. Jangan lupa tanyakan kepada anggota keluarga yang lain, apa-apa yang mereka perlukan sehingga Anda bisa membelinya sekaligus. Bila ada potongan harga untuk barang-barang yang biasa Anda pakai, beli dan simpan.

4. Jangan Terkecoh Harga Murah.
Hati-hati, jangan gampang tergoda karena biasanya harga sudah dinaikkan terlebih dahulu lalu digabung dengan barang lain sebagai bonus dan dijual dengan harga murah. Bandingkan terlebih dahulu di toko lain agar Anda yakin, barang tersebut memang benar-benar murah.

5. Manfaatkan Kupon.
Potongan harga berupa kupon atau sobekan kertas di koran/selebaran, tak ada salahnya digunakan. Justru hal ini bisa menghemat uang belanja Anda.

6. Jangan Bawa Anak.
Usahakan pergi berbelanja tanpa membawa anak-anak dan pada jam-jam yang tidak sibuk. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru dan bisa memilih dengan baik. Anak-anak cenderung meminta ini-itu sehingga melenceng dari daftar belanjaan. Untuk alasan tertentu, jangan pernah belanja pada saat Anda sedang lapar.

7. Membeli Bersama
Bila ada barang yang anda butuhkan dijual dengan harga murah tapi dalam jumlah yang besar, tanyakan pada saudara atau teman untuk membeli bersama dan berbagi. Anda tetap bisa membeli dengan harga murah tanpa percuma.

8. Hilangkan Kebiasaan Belanja Di Satu Tempat.
Jangan malas untuk belanja di lebih dari satu toko. Biasanya satu toko tidak akan menjual semua barang-barangnya dengan harga murah pada saat yang bersamaan. Bisa saja Toko A pada satu saat menjual daging dengan harga murah sedangkan Toko B menjual makanan kalengnya dengan harga murah. Belanja di satu tempat tidak berarti pengeluaran Anda bakal lebih hemat.

9. Hindari Makanan/Minuman Siap Santap.
Memang betul, waktu Anda akan lebih tersita bila Anda mengolah masakan sendiri. Namum masakan yang Anda masak langsung lebih sehat dan lebih hemat. Jangan lupa untuk selalu menyediakan buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Hindari jus siap pakai dan buatlah minuman jus segar sesering mungkin. Hal ini akan menghemat pengeluaran Anda.

10. Simpan & Simak Bon Belanja.
Periksa lagi bon belanjaan Anda. Kadang kasir melakukan kesalahan tanpa sengaja yang dapat merugikan Anda. Bila Anda masih berada di sekitar toko/supernarket, Anda bisa segera menanyakan hal itu dan minta dikoreksi.

http://lumakita.blogspot.com/2010/01/berhemat-saat-belanja.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter