MANAGEMENT ASSESSMENT CENTER







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Assessment Center merupakan metode yang berbasis kompetensi yang didesain dengan mengikuti standar internasional. Mengacu pada defenisi konseptual yang diakui secara universal, maka metode Assessment Center (AC) juga diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja yang unggul.

Assessment Center, sebagai metodologi, merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes, instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara, para asesor yang terlatih melakukan obsevasi terhadap perilaku para peserta asesmen; dan kemudian memberikan penilaian akhir asesmen serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai asesmen dan umpan balik diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai.

Karakteristik Assessment Center

Untuk memudahkan pemahaman proses dalam Assessment Center , dapat dilihat dari karakteristik Assessment Center berikut:

  1. Assessment Center dirancang berkaitan dengan kompetensi/dimensi suatu jabatan tertentu

2. Menggunakan berbagai simulasi yang mencerminkan tingkah laku yang menjadi prasyarat jabatan yang akan diduduki. Observasi perilaku/ kompetensi asesi (peserta asesmen) didasarkan beberapa simulasi (minimal dua) yang didesain untuk mengukur dimensi/kompetensi yang sama dengan tujuan untuk mengeleminasi kesalahan pengukuran.

3. Satu kegiatan asesmen diikuti oleh 5-6 orang asesi yang harus mengikuti semua simulasi atau exercise yang sama dalam 2 ? 3 hari kegiatan asesmen. Setiap asesi akan diobsevasi/ dievaluasi oleh sekurang-kurangnya 2 orang Asesor.

4. Setiap Asesor harus menerima pelatihan yang baik dan mampu melakukan garis-garis pedoman kinerja penilai sebelum berpartisipasi dalam sebuah Assessment Center.

5. Beberapa prosedur sistematis harus digunakan oleh Asesor untuk mencatat secara akurat pengamatan terhadap perilaku spesifik (evidence) pada saat kejadian.

6. Asesor harus mempersiapkan beberapa laporan atau catatan hasil pengamatan yang dibuat pada setiap simulasi/latihan untuk dipakai sebagai bahan diskusi bersama para penilai.

7. Hasil akhir asessment ditentukan melalui data integrasi seluruh bukti perilaku yang menghasilkan konsesus diantara Asesor.

8. Penggabungan hasil pengamatan/ observasi perilaku harus didasarkan pada pengumpulan informasi yang didapat dari teknik penilaian selama simulasi/ exercise berlangsung, bukan dari informasi yang tidak relevan dengan proses penilaian.

9. Asesi di evaluasi berdasarkan kriteria/ standar yang telah ditentukan dengan jelas, bukan dibandingkan satu sama lain.

Sejarah dan Keandalan Assessment Center

Metode multiple assessment tumbuh didunia psikologi pada tahun 1930-an. Pemanfaatan assessment center pertama kali untuk seleksi pegawai dilakukan oleh tentara Jerman dan Inggris selama perang dunia ke-2. Setelah PD II metode iini diadaptasi dan digunakan oleh British Civil Service untuk merekrut pegawai staf administrasi. Lalu pada tahun 1950-an American Telephone and Telegraph Company (AT&T) memakainya untuk pertama kali demi kepentingan dunia bisnis. Sejak itu metode assessment center digunakan oleh berbagai negara diberbagai belahan dunia.

Keandalan metode AC ini terbukti dari lebih 50 studi keandalan yang mengindikasikan bahwa Assessment Center dalam memprediksi perfomance dan kesuksesan yang akan datang lebih baik dibanding dengan tool lainnya. validitas metode assessment center sudah teruji dari waktu ke waktu seperti yang diungkap oleh Smith, Greggs and Andrews (1989), seperti terlihat pada tabel berikut ini :

Teknik Pengukuran

Validity

Assessment Centers (promotion)Work Sample TestAbility TestsPersonality Tests (combined)Researched Bio-dataStructured InterviewsTypical Industry InterviewReferences

0.63

0.55

0.53

0.41

0.38

0.31

0.15

0.13

Riset yang dilakukan oleh AT&T dalam mengevaluasi AC-nya, seperti yang dilaporkan oleh Cohen dalam tahun 1971, dapat dilihat dalam tabel berikut:

Assessment rating

Jumlah Pegawai yang di Assess

Mengalami lebih 2 kali promosi sejak AC

More than acceptableAcceptableQuestionableNot acceptable

410

1466

1910

2157

40,5%

21,9%

11,5%

4,2%

Manfaat Assessment Center

Assessment Center yang merupakan suatu metodelogi untuk menilai atau mengevaluasi perilaku pegawai dalam pekerjaan sehingga hasil dari proses Assessment Center dapat digunakan dalam stategi pengembangan SDM suatu organisasi. Manfaat yang dapat digunakan dari hasil Assessment Center antara lain:

1. Memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu

2. Mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan

3. Menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang spesifik dan terencanan bagi pegawai

4. Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan managerial pegawai.

Manfaat yang diperoleh dari Assessment Center tersebut dapat dipergunakan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana/alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karir pegawai.

Assessment Center

Memasuki abad kompetitif yang semakin turbulen, dibutuhkan sumberdaya manusia yang kompeten sesuai dengankebutuhan perusahaan. Usaha untuk menentukan pilihan terhadap sumberdaya manusia yang sesuai dengan harapan itu tidaklah mudah. Perusahaan perlu membuat pertimbangan yang sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan. Lembaga Pendidika Perkebunan mempunyai layanan yang dapat membantu pemecahan permasalahan tersebut. Layanan ini dinamakan ASSESSMENT CENTER.

Apakah ASSESSMENT CENTER itu?

Layanan untuk mengukur/memeriksa potensi, kompetensi dan kesesuaian seseorang assessee terhadap suatu jabatan dengan metode yang relevan.

ASSESSMENT CENTER digunakan untuk:

  • Rekrutmen
  • Seleksi
  • Promosi
  • Penempatan/Placement
  • Pemetaan, dan
  • Pengembangan SDM Khususnya diperusahaan perkebunan

Mengapa ASSESSMENT CENTER

Alasan menggunakan ASSESSMENT CENTER?

  • ASSESSMENT CENTER menggunakan metode yang transparan, obyektif, dan rasional.
  • ASSESSMENT CENTER dapat membantu perusahaan dalam memperoleh “The right person for the right job and the right job for the right person”

Keunggulan ASSESMENT CENTER

  • Memiliki penglaman dalam menangani pengukuran SDM perkebunan baik pada level manajerial (dari lini pertama sampai dengan puncak) maupun non manajerial.
  • Mampu membuat disain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan perkebunan.
  • Memiliki alat ukur dan metode yang selalu diuji dan kembangkan mengikuti perkembangan perusahaan perkebunan.
  • Didukung oleh tenaga profesional terdiri atas psikolog dan manajerial berbagai disiplin ilmu yang relevan.
  • Pengguna dapat memeanfaatkan data individual assesse yang tersimpan selama 10 tahun di file ASSESSMENT CENTER.

Apa saja Layanan ASSESSMENT CENTER ?

  • Paket A (Tes Bidang Tugas)
  • Paket B (Tes Bahasa Inggris)
  • Paket C (Tes Kesehatan)
  • Paket D (Psikotes)
  • Paket E (Tes kesesuai Lapang)
  • Paket F (Inner View)
  • Paket G (Assessment Center)
  • Paket Pesanan (Leadership Assessment dsb)

Layanan Lain ASSESSMENT CENTER ?

Post Assessment (Layanan Purna Assesment) antara lain :

  • Konseling lanjutan bagi assessee
  • Pemeriksaan klinis bagi assesse
  • Evaluasi pasca assessment, dan
  • Layanan lain purna assessment

Konsultasi Manajemen SDM

  • Analisis Organisasi
    • Analisis terhadap kebutuhan pengembangan SDM yang diperlukan organisasi
  • Analisis Pekerjaan
    • Analisis terhadap potensi, kepribadian, maupun aspek psikologis lain yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu.
    • Analisis terhadap kriteria keberhasilan dalam pekerjaan tertentu.
  • Analisis Sumber Daya Manusia

Analisis terhadap SDM yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi

http://dikkyprima.wordpress.com/2008/12/27/management-assessment-center/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter