Tips Oke Mendidik Anak Agar Tidak Boros







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Pram, sekarang sudah kenal yang namanya jajan. Kebetulan toko di dekat rumah itu ada 5 toko. Wuih kebayangkan?!, terkadang Pram masih bisa dinasehati, tapi ya lebih sering nangisnya, kalau minta jajan ga’ di kasih. Saya tidak ingin gegabah mendidik Pram, tanpa memikirkan prioritas untuk anak, apa yang diminta langsung diberi, maka tidak jarang anak semakin lama justru akan menjadi manja. Semua keinginan harus dituruti, entah itu sebenarnya bermanfaat atau enggak untuk mereka.

Akibatnya membengkak juga pengeluaran bulanan menjadi semakin tidak terkendali. Untuk mengatasi perilaku boros pada anak, saya mau mencoba benerapa tips di bawah ini semoga berhasil, ya minimalbisa meminimalisir frekuensi jajan Pram :

* Sebelum mengajarkan perilaku hemat pada anak, orang tua sebaiknya memberikan contoh pada anak agar tidak boros atau berlaku konsumtif. Bagaimanapun juga anak akan meniru apayang ada dilingkungan dekatnya terlebih dahulu, termasuk orangtua. (kalau orangtuanya juga hoby shopping yaaa, maklum aja kalau sang anak juga suka jajan hihi)

* Ketika anak menginginkan beberapa barang sekaligus, tanyakan pada anak barang mana yang paling dia butuhkan saat ini, buat urutan skala prioritas. Beritahukan pada anak bahwa tidak semua keinginan itu harus dipenuhi saat ini, tetapi pilih barang manayang diutamakan segera dimiliki untuk saat ini, tentu menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

* Ajarkan pada anak untuk mengatur keuangan sendiri. Orang tua mencoba memberikan uang saku pada anak untuk jangka waktu satu minggu sekaligus. Anak diajarkan tanggung jawab mengatur keuangannya sendiri, dan mencoba berhemat. (wah kalau ini sihPram belum perlu dan belum bisa juga, soalnya Pram baru 3 th hihi).

* Berilah reward pada anak pujilah anak Anda jika telah berhasil mengatur keuangan sendiri sesuai waktu yang telah ditentukan.

* Bicarakan dahulu dengan pasangan Anda, agar bisa selalu konsisten dengan peraturan yang ada, jangan sampai Ibu membatasi uang saku, tetapi Ayah malah memenuhi apa saja keinginan anak.

* Ajarkan juga kepada Anak untuk menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung, misalnya untuk memberi barang-barang yang selama ini diinginkan anak dikemudian hari.

* Tidak semua barang yang diinginkan anak mesti dipenuhi. Saat ini banyak permintaan oleh anak yang tidak semestinya harus dituruti. Contohnya saja jika anak masih duduk di bangku SD minta dibelikan motor, ya jangan dituruti karena memang belum perlu.

Semoga berhasil!!!!
Terima kasih buat yang sudah mampir ke Lentera Bunda…Banyak cinta dari kami..

lenterabunda.web.id

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter