5 Langkah Mudah Lindungi Otak dari Stres dan Trauma







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Otak adalah bagian vital dari tubuh manusia. Di sana terdapat jutaan sel yang mengatur seluruh tubuh untuk dapat berfungsi dengan semestinya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yale University, terungkap sebuah fakta bahwa stres dapat menyebabkan area abu-abu dalam otak (yang berfungsi penting dalam pengaturan emosi dan pelaksanaan fungsi-fungsi fisik) berada dalam kondisi kritis. Kondisi ini dapat menyebabkan otak menyusut. Sebuah kondisi yang buruk bagi otak dan tentunya akan berdampak buruk pula bagi seluruh organ tubuh.

Stres biasanya terjadi karena seseorang harus menghadapi keadaan yang tak menyenangkan di dalam hidupnya dan itu tak dapat dihindarinya. Kehilangan anggota keluarga, pekerjaan, atau mungkin perceraian merupakan beberapa varian yang biasa menjadi penyebab stress. Namun, stres juga bisa terjadi dan dialami dalam kehidupan sehari-hari. Dan efeknya pun sama, yakni akan memberi dampak buruk bagi otak kita. Misalnya saja, tekanan dalam dunia kerja maupun keluarga, tenggat waktu yang sedikit untuk setiap pekerjaan, target yang belum tercapai, maupun macet. Semua itu dapat membuat otak kita menyusut. Dalam penelitian oleh Yale University, disebutkan bahwa peristiwa-peristiwa tersebut dapat mengganggu keseimbangan fisik dan mental seseorang jika dibiarkan terus menerus.

Untuk mengatasi stres atau trauma yang pernah Anda alami, Anda dapat melakukan 5 langkah mudah berikut ini:

Ubah Pola Makan. Riset membuktikan, beberapa buah sangat baik untuk mengatasi stres Anda. Buah tersebut antara lain adalah berries yang kaya akan vitamin C. Vitamin C terbukti dapat mengurangi level hormon yang menyebabkan stres, yakni cortisol. Jeruk dan delima juga dapat membantu Anda dalam menghilangkan stres. Selain itu, kacang-kacangan yang kaya akan vitamin B juga dapat menenangkan jantung Anda. Es krim dan coklat juga baik bagi seorang yang sedang stress. Tapi, untuk yang terakhir ini, Anda harus berhati-hati, karena efeknya bisa menimbulkan masalah lain, yaitu obesitas.

Tertawa. Tertawa dapat membuat tubuh Anda sehat karena ia dapat menurunkan level hormon yang menyebabkan Anda tegang. Selain itu, tertawa juga membuat Anda terhindar dari obesitas, penyakit jantung, dan melemahnya ingatan.

Berkumpul dengan Teman-teman Anda. Bersosialisasi dan melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan teman-teman akan membantu keluarnya senyawa kimia bernama oxytocin yang dapat mengalahkan hormon stres dan menurunkan tekanan darah Anda. Melakukan hobi bersama atau sekadar berjalan menghabiskan waktu bersama teman atau sahabat membantu Anda mengatasi stres.

Olahraga. Stres membuat tubuh anda mengeluarkan dua macam hormon: Cortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini membuat tubuh anda berada pada keadaan siap tempur, yang ditandai dengan jantung yang berdebar kencang dan otot yang tegang. Selain mengeluarkan anda dari kondisi semacam itu, berolahraga juga bisa mengeluarkan hormon endorphin yang dapat membuat perasaan anda tenang.

Tiba Lebih Awal. Tiba lima menit lebih awal di kegiatan-kegiatan penting, seperti presentasi atau rapat, dapat mengurangi stres Anda. Dengan datang lebih awal, Anda terhindar dari perasaan frustasi karena jalanan yang macet atau angkutan umum yang tak kunjung datang. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penilaian positif dari bos atau rekan kerja Anda. Sehingga, beberapa masalah di kantor akan terhindarkan dari diri Anda. Dan itu artinya, satu penyebab stress sudah Anda atasi.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter