Nasabah Bank Syariah di Yogya Pindah ke Bank Konvensional




DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Nasabah bank syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak yang mengalihkan pilihannya ke bank umum. Turunnya bunga bank konvensional menjadi salah satu pemicunya.

Akibatnya pada triwulan I-2008, pertumbuhan perbankan Syariah di Yogyakarta kurang menggembirakan.

“Bunga yang menurun di bank umum membuat nasabah syariah banyak bergeser. Sebab selama ini produk bank syariah memberikan margin yang tetap. Dengan kata lain debitor syariah banyak yang belum mapan,” kata tim peneliti ekonomi moneter Bank Indonesia (BI) Yogyakarta, Esti M. kepada wartawan dalam ‘Diseminasi Hasil Asesmen Perekonomian DIY Triwulan I-2008′ di Tembi, Desa Timbulharjo, Sewon Bantul, Selasa (8/4/2008).

Sedangkan sektor pembiayaan mengalami penurunan drastis sebesar minus 25,34 persen.

“Penurunan pembiayaan ini disebabkan penurunan pembiayaan bank umum syariah sebesar minus 27,31 persen dari Rp 449 miliar menjadi Rp 327 miliar,” kata Esti didampingi Deputi Pimpinan BI Yogyakarta Pranoto.

Dia mengatakan penurunan pembiayaan syariah ini juga lebih disebabkan adanya pelunasan angsuran pokok pembiyaan murabahh yang sudah jatuh tempo.

Padahal murabahah merupakan pembiayaan yang dominan di perbankan syariah.

Meski mengalami perkembangan yang kurang menggembirakan kata Esti adanya festival syariah yang digelar pada akhir tahun 2007 sempat meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK).

Pengumpulan aset dan dana mengalami pertumbuhan signifikan dibanding triwulan sebelumnya, masing-masing sebesar 16,85 persen dan 11,62 persen.

Secara umum kata Esti pangsa aset perbankan syariah terhadap total aset perbankan mengalami peningkatan dari 2,78 persen pada triwulan IV-2007 menjadi 3,22 persen pada triwulan I-2008.

“Pangsa ini diperkirakan akan terus meningkat seiiring adanya rencana beberapa bank konvensional yang memiliki unit usaha syariah melakukan spin off dan disahkannya UU Perbankan Syariah dan UU Surat Berharga Syariah (SBSN),” pungkas Esti.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!