Silicon Power Armor A50, Tahan Banting





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

 

 

 

Harddisk portabel makin jamak kita temui. Dari satu merek saja, modelnya bisa beraneka ragam. Penyimpan data yang bisa dibawa-bawa ini biasanya mengemaskan koneksi USB 2.0, tetapi sudah ada beberapa yang menyajikan koneksi terbaru: USB 3.0.

Di antara yang masih menggunakan USB 2.0 adalah Silicon Power A50. Jika ditilik spesifikasinya, A50 ini identik dengan saudaranya yang pernah kami uji, A10. Sama-sama menggunakan harddisk 2,5″ yang berputar 5400rpm. Nanti akan kita lihat apakah kinerjanya juga sama.

Tapi tak mungkin tak ada bedanya bukan? Nah, dibandingkan saudaranya, A10, harddisk portabel Silicon Power Armor A50 terlihat lebih tipis dan juga jauh lebih elegan. Badannya berbalut alumunium, berwarna silver di panel atas dan hitam di bagian sisi dan bawah. Ehhh tak perlu kain lap itu! Ini bukan netbook yang casing-nya rajin mengumpulkan jejak sidik jari siapa pun yang memegangnya. Di harddisk portabel ini, kita tidak akan menemukan bekas sidik jari di permukaan badannya.

Hmm, sebelum melihat kinerja harddisk portabel ini, mari kita lihat dulu isi kemasan Silicon Power Armor A50 ini.

Kabel USB dan CD
Di dalam kemasannya, kita akan mendapatkan sebuah kabel USB yang bercabang untuk mengkoneksikan A50 ke port USB 2.0 komputer. Pada komputer baru, cukup tancapkan salah satu ujung USB (pilih yang kabelnya tebal) ke port USB 2.0.

Namun jika komputer Anda sudah cukup berumur, atau Anda menggunakan kabel USB extension (karena port USB 2.0 komputer Anda ada di bagian belakang casing yang kebetulan terletak di kolong meja), mungkin Anda perlu menancapkan kedua ujung kabel USB itu ke port USB komputer Anda. Menghabiskan port komputer ya? Namun ini mutlak agar daya terpasok secara memadai sehingga harddisk portabel bisa dikenali oleh komputer.

Selain kabel USB yang bercabang, Silicon Power membundelkan sebuah CD mini. Isinya adalah driver dan utiliti. Norton Antivirus yang boleh dipakai gratis selama 60 hari sudah termasuk di sini. Lainnya adalah software backup.

Apa lagi yang ada? Sebuah buku kecil berjudul User Manual. Isinya tentu saja panduan singkat memasang dan menggunakan Armor A50. Ada delapan bahasa, tetapi bahasa Indonesia belum tercantum. Tapi ini bukan masalah besar, mengingat penggunaan harddisk portabel ini mudah saja. Tinggal colok ke port USB, dan harddisk langsung dikenal. Ini kecuali jika Anda masih menggunakan sistem operasi Windows 98 yang membutuhkan driver.

Tahan Banting
Kendati badannya tidak terlindung karet seperti A10, A50 tetap menyandang sertifikasi AS MIL-STD-810F 516.5 procedure IV (transit drop test), alias tahan bantingan/guncangan. Karena itulah namanya berawalan armor, alias tameng.

Untuk membuktikannya, kami sengaja menjatuhkan harddisk ini dari ketinggian sekitar 75cm. Brraaakkk, jatuhlah A50 dengan kerasnya ke atas ubin. Kami amati badannya yang berlapis alumunium itu. Tidak penyok atau pecah, karena kebetulan jatuhnya tidak di salah satu sudut unit.

Setelah itu A50 kami pasang ke komputer dengan menggunakan kabel USB bercabang bawaannya. Begitu tercolok, LED biru yang merupakan tombol backup One Touch langsung menyala mantap di sisi kanan atas, sementara di atasnya berkedip LED merah.

Harddisk pun langsung kami akses. Eh, ternyata oke-oke saja. File yang ada bisa diakses dengan baik. Yang baru pun bisa disalin dan dibaca dengan sempurna. Artinya, sebagai pengguna kita tidak perlu hati memperlakukan A50 bak barang pecah belah. Terjatuh ke lantai keras pun tak mengapa, selama jaraknya tidak lebih dari 122cm.

Esoknya, harddisk kembali kami jatuhkan ke lantai. Gubraakkkks, sangking kerasnya terjatuh, harddisk pun berguling dua kali sebelum berhenti di sebelah meja kantor rekan kerja kami. Sekali lagi badan A50 kami teliti. Wah, oke tuh. Tidak ada yang lecet atau gumpil.

Ketangguhannya memang oke, tapi bagaimana dengan kinerja? Pengujian manual kami menunjukkan, A50 sekitar 15% lebih cepat membaca dibandingkan A10, tetapi 6% lebih lambat saat menulis data. Namun kecepatannya termasuk baik, tidak berbeda jauh dengan harddisk 2,5” 5400rpm lain. Hasil uji dengan bantuan beberapa benchmark juga menunjukkan hal kecenderungan serupa.

***
Jika Anda mencari hard disk portabel yang tahan banting tetapi tetap enak dibawa-bawa karena tidak gemuk dan juga elegan, Silicon Power Armor A50 layak dipilih. Apalagi harddisk ini juga menyodorkan kemudahan mem-backup melalui kehadiran tombol one-touch Backup di panel atas dan juga bundel software backup. Plus ada tambahan software antivirus Norton 2010 yang bisa diunduh dan dipakai gratis selama dua bulan.

Selain kapasitas 250GB yang kami uji, Silicon Power Armor A50 tersedia kapasitas 320, 500, atau 640 GB.

PLUS: Gegas; bundel software backup dan antivirus; tahan banting; garansi 2 tahun.

MINUS: Koneksi hanya USB ; utilisasi CPU tinggi.

SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kemudahan: 4,8
Fasilitas: 4,3
Kinerja: 3,9
Harga: 3,8
SKOR TOTAL: 4,04

Hasil Uji

HD Tach 3.0.1.0 (Full Bench)
Random access: 17,4ms
CPU utilization: 13% (± 2%)
Average read: 34,8MB/s
Average write: 30,3MB/s
Burst speed: 35,1MB/s

HD Tune 2.53
Minimal transfer rate: 17,7MB/s
Maximal transfer rate: 27,8MB/s
Average transfer rate: 27,6MB/s
Access time: 20,7ms
Burst state: 27,8MB/s
CPU usage: 10,6%

PCMark2005 Professional
HDD Overall: 4895
HDD XP Startup: 8,743MB/s
HDD Application loading: 6,437MB/s
HDD General usage: 5,322MB/s
HDD Virus scan: 61,434MB/s
HDD File write: 62,847MB/s

Hasil Uji Kecepatan Transfer*
Copy dari hard disk (write): 23,94MB/s
Copy ke hard disk (read): 27,93MB/s
Hapus file (delete): 359,71MB/s
* File uji berukuran total 3GB, terdiri dari 516 file dalam 44 folder. Uji dilakukan tiga kali di PC rakitan (Intel Pentium Dual C.ore E5200 2,5GHz, RAM 1GB, Windows XP SP3) dan hasilnya dirata-ratakan

SPESIFIKASI Silicon Power Armor A50
Interface: USB 2.0
Kapasitas: 250GB
Mendukung: Windows (7/Vista/XP/2000), Mac OS (9.0.4 atau ke atas)
Tombol akses: Ada
Software backup/recovery: Ada
Kelengkapan:
– Kabel USB bercabang-Y
– User manual
– Mini CD berisi software backup OTB dan Norton Anti Virus (trial)
Dimensi:13,38×7,83×1,62 cm
Bobot: 165 gram
Situs Web: www.silicon-power.com
Garansi: 2 tahun
Harga kisaran: US$ 60

http://13nova.blogspot.com/2010/01/silicon-power-armor-a50-tahan-banting.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter