Tim Majalah Motor, Juara Kontes Audio Mobil Antar-Jurnalis




DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

JAKARTA, KAMIS- Tim Majalah Motor akhirnya menjadi juara dalam 1st Car Audio Journalist Competition –2008 Pioneer Sound Contest yang diselenggarakan di sirkuit gokart, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Kamis (27/3). Tim Majalah Motor –yang merupakan salah satu produk Kompas Gramedia– mengalahkan sembilan tim media lainnya yang bersaing dalam kelas analog, termasuk tim Kompas.com.

Dengan dukungan dari Elixir Car Stereo yang dimotori Utanto Wibowo dan Hebron Hartana, tim ini berhasil mengumpulkan poin 62,5 atau unggul tipis dari juara kedua tim OtoStereo yang medapatkan nilai 61,5. Nilai ini diberikan juri tunggal Jhonny dari Mega Audio yang merupakan juara kategori Sound Quality (SQ) pada Pioneer Car AV World Contest 2007 yang diselenggarakan akhir tahun lalu.

Sebelum kontes ini digelar, tiap peserta diberi waktu sekira satu bulan untuk melakukan instalasi audio set Pioneer yang terdiri dari head unit DEH-P65BT, speakers TS-A1702C dan subwofer TS-W125F, yang disediakan pihak Pioneer. Peserta dibebaskan untuk memilih jenis mobil, namun dilarang untuk melakukan modifikasi ataupun penambahan atas audio set tersebut.

Head unit DEH-P65BT adalah salah satu produk Pioneer yang memiliki fitur direct subwoofer drive, yaitu power internal MOSFET yang dapat membunyikan sebuah subwoofer tanpa auxiliary amplifier dengan impedansi total maksimal 2 ohm, dan daya keluaran maksimal 70 watts x 1. Di samping itu, produk ini pun dilengkapi dengan bluetooth yang berguna untuk melakukan pemutaran audio lewat piranti eksternal nirkabel, dan juga koneksi telepon selular.

Dengan kondisi tersebut, praktis persaingan antarpeserta berkutat pada kualitas suara, lewat penempatan speakers, tweeters, dan subwoofer di dalam kabin. Selain itu, kondisi akustik mobil pun disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Hal ini pula yang dilakukan Tim Majalah Motor. Mobil Toyota Avanza yang mereka gunakan mendapatkan sejumlah penyesuaian untuk menghasilkan kualitas suara terbaik saat memutar lagu wajib “I Left My Heart in San Fransisco” dari album Audiophile II.

Modifikasi itu antara lain terlihat pada bagian dashboard yang semula berlekuk, menjadi rata seperti meja tulis. “Ya, ini supaya stage-nya bisa pas, bisa center,” kata Utanto Wibowo.

Sementara pada pintu belakang, sebuah lembaran kayu yang dibungkus rapi, disisipkan di dalam doortrim. Kata Utanto, hal ini untuk memaksimalkan pantulan suara bass yang dikeluarkan subwoofer. Tak tanggung, trik ini menyebabkan pintu belakang menjadi berat, dan harus diganjal jika ingin tetap dibuka. Namun upaya itu membuahkan hasil, dan Tim Majalah Motor menjadi juara.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!