Menikmati Kuliner di Pinggir Pantai Ternate




DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ternate ternyata tak hanya menyimpan keindahan pantai dengan pemandangan Pulau Halmahera. Makanan khas Ternate seperti Sop Saudara dan Pisang Hijau juga merupakan kekayaan kuliner Ternate yang sayang untuk dilewatkan!

Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya bersantap di kota Ternate, Malut. Pusat jajanan malam di kota ternate berada di depan kantor gubernur, di tepi pantai Swering. Pantai ini lumayan indah, letaknya disebelah pelabuhan besar Ahmad Yani, Ternate.

Paling pas jika bertandang ke pantai ini adalah ketika Sunset, pemandangannya cantik dengan pulau Halmahera di kejauhan, dan kapal-kapal yang hilir mudik di pelabuhan. Airnya juga cukup jernih, karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik.

Nah, kalau sore menjelang maghrib, para pedagang makan mulai menggelar tendanya. Ada pedagang martabak yang mayoritas berasal dari padang, ada pedagang pecel ayam yang berasal dari lamongan, pedagang buah (duku, langsa, sejenis duku tetapi lebih asam, dan durian) yang berasal dari Madura dan Halmahera, dan pedagang sop saudara yang berasal dari Makassar.

Di pantai ini saya paling suka menyantap sop saudara. Ada dua tempat yang saya suka, di sampang Bank Artha Graha (dari pagi sampai sore jam 4 sore), dan di tenda di pantai Swering (maghrib sampai malam). Sop saudara ini berwujud hampir sama seperti soto betawi. Berisikan daging dan jeroan sapi yang disiram kuah santan kental beraroma rempah yang kuat, ditaburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

Tak lupa untuk memakannya kami juga ditemani dengan emping melinjo sedap. Sehabis makan sop ini, dijamin Anda pasti akan bermandikan peluh berkat rempah-rempah yang digunakan dalam masakan ini. Untuk kedai yang di samping Bank Arta Graha, karena buka di siang hari, mereka juga menyediakan es pisang hijau. Hmmm…enak dan segar.

Yang dimaksud dengan pisang hijau sendiri adalah pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau. Disajikan dengan bubur sumsum putih, diberi es batu, dan disiram dengan sirop merah. Hmm… pokoknya cocok sekali buat menghilangkan dahaga di siang yang panas.

Harga kedua makanan tadi cukup murah dan terjangkau. Seporsi sop dengan nasi dihargai Rp 12.000,00. Sedangkan es pisang hijau cukup ditebus dengan uang Rp 4000,00 saja.

Kalau anda ingin merasakan masakan khas Ternate seperti gohu atau sashiminya Ternate, sagu lem, dan ikan kuah asam, bisa mencari masakan tadi di daerah Dufa-dufa yang letaknya dekat pelabuhan Dufa-dufa, dan di RM Florida. Nah, selamat berpetualang kuliner di Ternate!

sumber : detikfood

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!