Awas! Virus Komputer Makin Mudah Dibuat dan Disebarkan







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Para pengguna komputer tentu pernah direpotkan dengan ulah virus komputer. Untuk membasminya ada beraneka cara, dari menggunakan antivirus hingga tanpa antivirus. Bahkan ada pula cara yang lebih ekstrem yaitu dengan cara membuat virus dan mengenali cara kerjanya.

Salah satu program yang sering digunakan adalah Visual Basic. Bagaimana cara kerjanya? Berikut hasil wawancara via email dengan Ahmad Hirin salah satu penulis buku Cara Mudah Membuat dan Membasmi Virus Komputer.


Program apa saja selain VB yang sering digunakan para pembuat virus baik lokal atau internasional?

Sangat banyak sekali, semua tool developer untuk bahasa pemrograman bisa digunakan membuat virus. Intinya virus = program biasa. Asal tool yang dipakai bisa menerjemakah bahasa pemrograman dan melakukan kompilasi sudah cukup untuk membuat virus.

Misalnya:
– bahasa basic (Qbasic,Visual basic, dll)
– asembly (FASM,dll)
– pascal (Turbo pascal,Delpi,dll)
– C++ (turbo c++,visual c++,dll)
– C (turbo c,dll)
– VB script (notepad, wordpad,dll)
– dll

Apakah VB merupakan program paling mudah untuk meramu virus?

Benar, karena bisa dikatakan VB adalah bahasa sejuta umat, anak SD kelas 5 (saat itu) pun sudah bisa membuat virus dan antivirus dengan bahasa VB. Ini fakta karena salah satu member di web yang saya kelola, ada anak SD kelas 6. Artinya anak SD saja sudah mampu mencerna VB
dengan baik

Apakah virus yang diajarkan di buku Anda bisa dibasmi menggunakan antivirus merek tertentu?

Virus didalam buku masih berbentuk visual, dan belum di racik dijadikan virus yang siap disebarkan. Karena tugas meracik kekuatan sesuai yang diinginkan adalah diserahkan pada pembaca. Namun jika teknik semua digabungkan, AV (terutama lokal) akan cukup repot membasminya, lebih-lebih dengan teknik pada buku melakukan infeksi exe,hidden process,dan lain-lain. Karena pembuat Antivirus harus, pula membuat perogram pemulih untuk file-file yang diinfeksi (di ajarkan dalam buku juga). Selain itu teknik polimorphic yang dapat merubah ceksum standar yang dipakai AV, akan cukup membingungkan AV dalam mencari induknya, hanya Av lokal yang memakai ceksum canggih yang tidak dapat dikelabui polimorphic.
Sesuai tes, AV lokal yang terkenalpun masih memakai ceksum standar kalkulasi matematis seperti md5 dan CRC.

Pembuatan sebuah virus komputer untuk pemula bisa dilakukan berapa lama?

Untuk yang sama sekali belum mengetahui bahasa pemograman, seharusnya sedikit belajar bahasa pemograman yang dipakai dulu minimal 2 minggu, setidaknya sudah mengerti cara menulis script, variabel, penggunaanya dan mengkompilasi programnya. Baru setalah itu bisa belajar membuat virus dengan mudah. Namun pada buku ‘Cara Mudah Membuat dan Membasmi Virus Komputer’ juga dimasukan penjelasan dan penggunaan bahasa pemograman yang dipakai sehingga pemula pun langsung bisa jalan. Untuk waktu pembuatan, biasanya kurang dari 1 bulan dengan kemampuan virus pemula, namun untuk praktik semua buku biasanya lebih dari 1 bulan dan kurang dari 2 bulan jika dilakukan secara konsisten.

Biasanya pendistribusian virus komputer paling cepat biasa lewat media apa saja–sejak selesai dibuat?

Di Indonesia menurut data yang ada pendistribusian lebih cepat lewat media flashdsik (atau removable drive lainya). Apa lagi ada teknik infeksi exe, yang sangat berpengaruh terhadap penularanya..(tidak hanya menggunakan autorun). Untuk media lainnya bisa melalui medium web.

Ada anggapan virus lokal, bisa diatasi dengan antivirus lokal pula. Bagaimana penjelasannya?

Hampir semua virus lokal dapat di atasi dengan AV (antivirus) lokal, karena sama -sama kualitas lokal. Karena sampai saat ini belum ada laporan virus lokal yang belum bisa di atasi AV lokal.
Sebagian virus yang telah menetap dengan memanfaatkan unicode pun sudah bisa di atasi AV lokal. Namun rekomendasi AV lokal tidak harus menetap pada fokus AV lokal,karena punya kelebihan masing-masing. Sebaiknya baca pada web/majalah yang mengelaurkan AV lokal tersebut seblum memakai, atau untuk memaksimalkan pemakainya.

Dalam buku Cara Mudah Membuat dan Membasmi Virus Komputer, kategori kekuatan virus yang Anda ajarkan seberapa lama dan kuat merepotkan pengguna komputer?

Sejujurnya kalo semua teknik di praktikan dan di suntikan pada sebuah virus, akan sangat merepotkan pengguna. Namun tetap ada celah yang diberikan. Target dari buku itu adalah sekitar 3 bulan, jika pembacanya sangat pemula (belum mengerti bahasa pemograman atau konsep virus sama sekali) namun untuk pembaca yang sudah cukup mengerti konsep virus dan bahasa yang dipakai,tinggal mempraktikan saja dan kira – kira butuh waktu 1-2 minggu.

mediakita.com

Cara Mudah Membuat dan Membasmi Virus Komputer
Penulis: A.M. Hirin dan Anhar   (MediaKita)
Nilai rata-rata: dari 0 resensi
 
Rp 25.500
Hemat Rp 3.825
Rp 21.675
Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter