Edit MIDI file untuk PolyPhony handphone




DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ring tone sebuah handphone tidak lagi hanya berbunyi dengan nada standard. Produsen handphone saat ini juga menampilkan kompres file dalam bentuk MP3. Walaupun agak kuno ternyata model handphone terbaru adalah ring tone dengan Polyphony atau mengunakan teknologi MIDI file.

Teknologi MIDI sudah digunakan oleh computer ternyata malah diadaptasi untuk pemakaian pada Ring Tone saat ini. Format file MIDI selain berukuran lebih kecil dibandingkan MP3 juga lebih menarik dari standard ring tone. Tidak itu saja, sebuah handphone juga memiliki fitur dengan untuk memilih file apa saja yang akan diperdengarkan dengan menunjuk hubungan dari telephone atau handphone tertentu atau pesan dari seseorang yang khusus.

MIDI file sangat mudah didapat. Untuk file MIDI begitu banyak dan kemudahan dicari pada Search Engine. Anda cukup mencari pada computer dan mendownload ribuan file MIDI secara gratis untuk digunakan pada handphone dengan teknologi Polyphony.

Sayangnya ketika mendapatkan sebuah lagu dengan format MIDI terkadang cukup panjang. Dan suara instrument yang digunakan juga cukup komplek sehingga terkadang handphone tidak dapat memutar ulang atau bila terdengar suara music malah terkesan rumit. Penyebabnya adalah batasan pada sistem Polyphony untuk handphone yang mengunakan format MIDI tidak dapat menjalankan file dengan channel terlalu banyak atau rumit serta ukuran file yang lebih terbatas. Untuk mengunakan file MIDI yang belum tentu dapat dijalankan oleh handphone, dibawah ini adalah tip untuk merubah file agar lebih kompatibel dan dapat dijalankan oleh handphone anda

Ada sebuah program untuk mengutak utik file MIDI yaitu MIDI Maestro, Versi Shareware dengan masa demo selama 15 hari. Anda dapat mencoba dan mendownload prpgram Midi Maestro untuk merubah file MIDI yang anda sukai

Program ini sangat sederhana tetapi cukup powerfull bila digunakan bagi pemula untuk merubah instrument dan memotong file lagi tertentu dari format MIDI.

Dibawah ini adalah cara cara sederhana untuk merubah dan memotong atau menganti instrument dari program MIDI Maestro.

Memilih dan mendengar jenis channel instrument

Pada gambar dibawah adalah fungsi program Midi Maestro. Anda cukup mengclick pada contoh gambar untuk memaktifkan dan me-nonaktifkan. Dengan memilih channel dan instrument, maka handphone dengan kemampuan Polyphony juga dapat menjalankan file MIDI yang sudah anda rubah.

Merubah instrument music yang enak didengar bagi handphone

Sistem PolyPhony pada handphone memiliki batasan, misalnya tingkat nada sangat rendah seperti bass atau tingkat nada tinggi akan sebaik bila didengarkan pada PC tentu tidak akan dimiliki oleh handphone anda dengan mini speaker sederhana. Untuk menghadapi ini, anda dapat mencoba coba dengan memilih instrument agar suara yang dikeluarkan oleh Handphone anda lebih enak didengar. Anda cukup mengclick bagian Patch seperti gambar bawah dan memilih jenis instrument yang anda inginkan.

Membuang channel music yang terlalu banyak

Batasan channel pada sistem Polyphony dapat mengunakan 16 channel, tetapi terlalu banyak juga menjadikan suara yang rumit terdengar. Ada baiknya untuk mengurangi jumlah instrument music yang ada dengan membuang channel dari track instrument. Pada gambar dibawah ini adalah cara untuk membuang track channel music/instrument melalui Midi Maestro. Click pada bagian number track dan buang track yang tidak dinginkan, minimal mengurangi jumlah instrument yang keluar bersamaan ketika file MIDI dijalankan

Terlalu panjang music atau memotong bagian yang anda inginkan

Midi file umumnya untuk memperdengarkan instrument lagi dari awal sampai akhir. Tentu untuk ringtone anda tidak lagi membutuhkan music sepanjang 5 menit untuk memperdengarkan music midi sebagai ringtone. Anda dapat memotong file sesuai kebutuhan anda, misalnya cukup 15 detik pada bagian lagi yang disukai.

Untuk mengambil potongan lagi , misalnya anda ingin bagian depan saja. Anda bisa membuang bagian file dari bagian tengah ke bagian akhir. Atau anda ingin mengambil potongan lagi dari bagian tengah, tentu yang dibuang adalah bagian awal dan akhir dari music midi.

Pada gambar dibawah ini adalah cara memotong bagian music midi. Pada gambar pada bar yang ditunjukan adalah bagian yang ingin dibuang

Selesai mengedit anda cukup mentranfer ke handphone anda

Selesai file MIDI yang ingin anda gunakan pada handphone, anda dapat melakukan pemeriksaan pada software program dari handphone untuk kompatibel tidaknya file MIDI. Selesai konversi anda cukup mentranfer file ke handphone anda dan mencoba, bila tidak merasa cocok anda dapat kembali meng-edit file atau menganti instrument music pada program MIDI Maestro

 

http://artikle.wordpress.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!