Penerjemah Teks Video YouTube







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

KINI YouTube hadir dengan tambahan fitur penerjemah teks secara otomatis yang dapat membuat para pengguna semakin nyaman dan tidak lagi terbatas oleh perbedaan bahasa tertentu. Fitur tersebut akan mempermudah pengguna dalam menerjemahkan video yang sedang kita tonton sehingga akan lebih cepat dimengerti.

Sebagian orang mengetahui YouTube merupakan sebuah situs web layanan berbagi video populer yang bisa dinikmati pengguna di internet. Pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video dalam format .flv secara gratis. Video-video tersebut pada umumnya adalah video klip, film, siaran TV, serta video-video buatan mereka sendiri.

Akan tetapi  tidak semua orang mengerti  bila beberapa video yang dianggapnya penting dan menarik ternyata menggunakan bahasa tertentu yang belum pernah ia kenal. Hal ini tentu akan sulit bagi pengguna untuk memahaminya.

Sejak didirikan pada Februari 2005, YouTube dari tahun ke tahun semakin banyak penggemarnya dan tidak sedikit pula yang memberi keluhan dan masukan. Salah satunya adalah mengenai penerjemah bahasa otomatis.

Pihak YouTube memahami keluhan tersebut dan merespons dengan membuat fasilitas bagi pengguna untuk dapat menambahkan file captions/subtitle berekstensi .txt ke dalam video yang sudah diunggah sebelumnya.

Fitur penerjemah teks otomatis tersebut terdiri atas dua fungsi, yaitu captions untuk teks dalam bahasa yang sama dengan video dan subtitles untuk teks dalam bahasa yang berbeda dari yang ditampilkan di video.

Dengan melihat fitur caption/subtitle yang telah ditambahkan, ternyata hal tersebut belumlah cukup karena teks yang ditampilkan belum tentu bisa dimengerti atau dipahami semua orang dan akan sangat merepotkan jika kita harus membuat subtitle untuk berbagai macam bahasa.

Google Translate
Untuk mempermudah, YouTube memanfaatkan salah satu fasilitas atau layanan yang telah dimiliki Google, yaitu Google Translate yang memungkinkan YouTube untuk secara otomatis menerjemahkan teks pada caption/subtitle ke dalam beberapa bahasa dengan kualitas terjemahan yang hampir mirip seperti saat kita menggunakan Google Translate.

Apabila kita mendapati video yang sudah ditambahkan fitur caption/subtitle melalui Youtube (ditandai dengan ikon CC berwarna merah), arahkan kursor ke ikon segitiga di pojok kanan bawah jendela video, lalu arahkan pula kursor ke tanda panah di sebelahnya untuk memilih bahasa yang sesuai dengan video tersebut.

Setelah itu pilih English supaya lebih mudah untuk diterjemahkan ke dalam bahasa lainnya. Selanjutnya kita bisa mengklik “Translate” dan akan ditampilkan beberapa pilihan terjemahan bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Bila pengguna ingin mencoba dan menyaksikan contoh penggunaan dan pembuatan file caption/subtitle dan juga langkah-langkah memasukkannya ke dalam video di YouTube dengan lebih jelas, kunjungi alamat http://blogoscoped.com/archive/2009-03-08-n31.html.

http://ikonek.net/2009/03/29/penerjemah-teks-video-youtube/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter