Tips Menghemat Bandwidth Hosting







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Setelah membahas fitur fitur umum yang tersedia dalam sebuah hosting, kali ini saya akan membahas tips yang saya lakukan untuk menghemat pemakaian bandwidth dalam sebulan.

Dalam memilih sebuah paket hosting, selain kita melihat kapasitas simpan dari paket hosting tersebut, kita juga akan disuguhkan kapasitas bandwidth yang tersedia dalam sebulan. Rata rata penyedia layanan hosting akan menjatah bandwidth dalam sebulan antara 1 sampai dengan 5 GB tergantung dari tarif paket yang ada. Makin mahal paket maka akan semakin besar jatah bandwidth yang kita dapatkan.

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, bandwidth merupakan jumlah data yang mondar mandir pada periode waktu tertentu. Makin besar ukuran halaman web kita maka akan semakin besar bandwidth yang kita pergunakan. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah page views atau pengunjung web kita, makin banyak yang berkunjung maka akan semakin boros kita sama bandwidth.

Sebagai perbandingan, blogdokter saat ini per hari rata rata dilihat sebanyak 2.000 kali dengan bandwidth yang dihabiskan per bulan mencapai 10 GB. Kenyataan ini tentu mengharuskan saya untuk selalu berkoordinasi dengan penyedia hosting untuk sekedar menambah bandwidth karena berdasarkan paket yang saya sewa, jatah bandwidth saya cuma 700 MB.

Berbagai upaya telah saya lakukan untuk menghemat penggunaan bandwidth sebab meskipun penambahan bandwidth diberikan secara cuma cuma, namun tidak enak juga bila kebaikan itu tidak kita pergunakan dengan baik.

Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk menghemat pemakaian bandwidth.

Theme

Pilihlah theme sederhana yang tidak terlalu banyak mengandung warna dan gambar. Selain tidak enak dipandang (bila pemilihan warna tidak tepat), pengunjung juga akan malas berkunjung karena theme jenis ini memerlukan waktu yang lama untuk dibuka. Hindari pula theme yang terlalu banyak javascript-nya. Theme jenis ini hanya akan bagus di browser tertentu saja, dan tentu saja akan boros bandwidth. Hapuslah tag tag yang tidak perlu atau tidak valid karena tag tag ini hanya akan menjadi sampah pada source dari blog kita.

Plugin

Hindari menggunakan plugin yang memiliki perintah mengirimkan email secara otomatis ke beberapa pengunjung blog kita. Kalau yang berlangganan sedikit sih tidak masalah, bagaimana jika yang berlangganan ratusan bahkan ribuan, maka setiap saat bandwidth hosting akan tersedot hanya untuk mengirimkan ratusan email. Pergunakanlah layanan subscribe email yang disediakan oleh situs lain seperti Feedblitz atau Feedburner. Selain gratis, penyedia layanan ini akan mampu mempermak tampilan email dengan cantik berikut manajemen pengirimannya. Pasanglah plugin antispam atau captcha untuk mencegah blog kita diakses oleh robot spam yang tentu saja tidak bermanfaat.

Feed

Alihkanlah RSS Feed kita ke penyedia layanan RSS feed gratisan sebab semakin banyak user yang berlangganan feed maka akan semakin banyak bandwidth yang tersedot oleh mesin mesin RSS Feed. Penyedia layanan pengalihan feed yang terkenal adalah Feedburner. Feedburner akan mempercantik tampilan feed kita, dan tentu saja kita bisa mendapatkan fitur tambahan untuk mengelola feed.

Media

Meskpun WP sudah menyempurnakan pengelolaan media sejak diluncurkannya WP 2.5, saya sarankan jangan manfaatkan itu. Gunakanlah penyedia layanan hosting media gratisan yang lain. Selain menghemat bandwidth, langkah ini juga akan memudahkan kita bila mau memindahkan blog kita ke server lain. Kita tidak perlu ikut memindahkan media yang ada di server lama, cukup memindahkan tag-nya saja. Untuk media gambar, saya biasanya menggunakan Flickr, selain gratis, kapasitas penyimpanan juga besar. Untuk media video, kita bisa menggunakan Youtube lalu memasang plugin penampil video youtube di blog kita.

Update Blog

Lakukan update blog seperlunya saja. Untuk install dan update plugin, coba gunakan plugin Plugin Central, yang mana anda dapat meng-install dan meng-update banyak plugin hanya dengan sekali klik pada dasbor. Langkah ini tentu dapat menghemat bandwidth karena kita tidak perlu lagi membuka Cpanel hanya untuk sekedar meng-install atau meng-update plugin.

BOT

Siapa yang tidak senang jika blog-nya rajin dikunjungi Google BOT? Kalau dikunjungi seperlunya alias tidak sering sih nggak masalah, namun terkadang Google BOT rajin sekali berkunjung bahkan sampai 2 kali seminggu. Bukannya apa apa, setiap berkunjung, Google BOT akan melakukan crawl alias pembacaan blog yang lumayan menghabiskan bandwidth terutama jika tulisan yang ada pada blog tersebut lumayan banyak. Untungnya perilaku Google BOT ini dapat diatur melalui Webmaster Tools yang dimiliki oleh Google. Melalui webmaster tools, kita bisa mengatur frekuensi kunjungan BOT sesuai dengan kehendak kita.

Demikianlah sedikit tips yang saya lakukan untuk menghemat penggunaan bandwidth BlogDokter sehingga bandwidth dapat digunakan seefisien mungkin. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter